Jumat, 12 April 2013

Bahasa pemrograman




Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:
  1. Bahasa mesin, yaitu memberikan perintah kepada computer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
  2. Bahasa tingkat rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.inggris assembly), yaitu memberikan perintah kepada computer dengan memakai kode-kode singkat (kodemnemonic), contohnya mov, sub, cmp, jmp, jge, jl, loop, dsb.
  3. Bahasa tingkat menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh bahasa tingkat tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
  4. Bahasa tingkat tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb.
Sebagian besar bahasa pemrograman digolongkan sebagai bahasa tingkat tinggi, hanya bahasa c yang digolongkan sebagai bahasa tingkat menengah dan assembly yang merupakan bahasa tingkat rendah.
Php : hypertext preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan kedalam html. Php banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis. Php dapat digunakan untuk membangun sebuah cms.
Php pertama kali dibuat oleh rasmuslerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu php masih bernama fi (form interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web.
Selanjutnya rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya php/fi, kependekan dari hypertext preprocessing’/form interpreter. Dengan perilisan kode sumber ini menjadi open source, maka banyak programmer yang tertarik untuk ikut mengembangkan php.
            pada november 1997, dirilis php/fi 2.0.padarilisini interpreter php sudah diimplementasikan dalam program c. Dalam rilis ini disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan php/fi secara signifikan.
Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama zend menulis ulang interpreter php menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk php dan meresmikan rilis tersebut sebagai php 3.0.
Pada pertengahan tahun 1999, zend merilis interpreter php baru dan rilis tersebut dikenal dengan php 4.0.php 4.0 adalah versi php yang paling banyak dipakai pada awal abad ke-21. Versi ini banyak dipakai disebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi.
Pada juni 2004, zend merilis php 5.0. dalam versi ini, intidari interpreter php mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemrograman beroreantasi objek kedalam php untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman kearah paradigm berorientasi objek.
Beberapa kelebihan php daribahasa pemrograman web, antara lain:
  1. Bahasa pemrograman php adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya.
  2. Web server yang mendukung php dapat ditemukan dimana – mana dari mulai apache, iis, lighttpd, hingga xitami dengan konfigurasi yang relative mudah.'
  3. Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis – milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
  4. Dalam sisi pemahamanan, php adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.
  5. Php adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (linux, unix, macintosh, windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.
Php memiliki 8 (delapan) tipe data yaitu :
  1. Integer
  2. Double
  3. Boolean
  4. String
  5. Object
  6. Array
  7. Null
  8. Nill
  9. Resource

Tidak ada komentar:

Posting Komentar