Rabu, 19 Desember 2012

Pidato Dampak Teknologi



Assalamualaikum Wr. Wb.
            Sebelum saya mulai pidato singkat ini marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah SWT. Yang telah memberikan rahmat serta hidayahnya kepada kita. Serta memberikan kesehatan pada kita semua sehingga kita dapat berkumpul lagi seperti biasanya.
            Tidak lupa solawat serta salam kita haturkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW. Yang telah membawa kita dari jaman jahiliah menuju jaman islamiah seperti sekarang ini.
            Pada kesempatan kali ini saya akan berpidato tentang dampak teknologi di era globalisasi. Sebelumnya apakah yang dimaksud teknologi?. Tentu setiap orang memiliki jawaban masing – masing tentang pengertian teknologi itu sendiri. Ada yang berpendapat bahwa teknologi merupakan hasil dari ilmu pengetahuan. Ada juga yang berpendapat bahwa teknologi adalah segala sesuatu yang dapat membantu mempermudah pekerjaan manusia. Dari kedua argument atau pendapat diatas memang benar adanya. Teknologi merupakan hasil dari ilmu pengetahuan yang berguna membantu mempermudah pekerjaan manusia.
Segala sesuatu pasti memiliki dampak, baik itu dampak positif maupun juga dampak negatif. Tak lain dengan teknologi, suatu teknologi juga mempunyai dampak positif dan juga dampak negatif tentunya.
Seperti kita ketahui bersama bahwa teknologi pada saat sekarang mempunyai andil besar dalam berbagai aspek. Penciptaan – penciptaan teknologi ini dimaksudkan untuk mempermudah kerja manusia. Selain itu penciptaan ini juga bertujuan agar semakin mudahnya kita berkomunikasi. Contoh dari hasil teknologi seperti yang kita ketahui bersama yaitu ada handphone, komputer, televisi, internet, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tentu saja hasil teknologi diatas memberikan manfaat pada kita. Seperti contohnya handphone. Dulu sebelum ada handphone kita berkomunikasi melalui surat, kemudian berkembang lagi menggunakan telephone rumah, dan seiring berkembangnya teknologi, sekarang kita mengenal yang namanya handphone. Handphone yang sekarag ini pun juga telah berkembang pesat, yang dulu hanya bisa mengirim pesan berupa teks, sekarang sudah bisa mengirim pesan gambar maupun pesan suara. Inilah yang disebut damapak positif dari suatu teknologi.
            Tetapi disisi lain pemanfaatan teknologi ini sering disalah artikan oleh pihak-pihak yang kurang bertanggung jawab. Sehingga menciptakan dampak-dampak negatif bagi teknologi itu sendiri. Contonya dari penyalah artian teknologi ini adalah menimbulkan sifat malas. Hal ini bisa kita lihat dari semakin mudahnya kita mendapatkan sesuatu yang kita inginkan. Contohnya begini, sekarang banyak sekali tempat makan atau restoran yang menyediakan jasa pesan antar bagi konsumennya atau pelanggannya. Hanya dengan menekan beberapa tombol handphone mereka dapat menikmati makanan tanpa harus datang langsung ke tempat makan tersebut. Hal ini memberikan sifat malas karena kita yang semula harus mengeluarkan tenaga kita untuk datang ke tempat makan, tanpa susah payah mengeluarkan tenaga kita. Ini lah yang dimaksud dampak negatif dari teknologi. Tetapi di sisi lain dampak negatif tersebut mungkin bagi sebagian orang justru merupakan dampak positif teknologi, yaitu jika orang tersebut sibuk dan tidak memiliki waktu yang cukup untuk datang ke tempat makan, orang itu dapat memesan makanannya melalui via telephone.
Kemudian pertanyaannya bagaimana kita menanggulangi dampak negatif dari teknologi?. Banyak yang berpendapat bahwa dampak negatif dari suatu teknologi dapat kita tanggulangi dengan cara kita belajar agar tidak bergantung pada teknologi tersebut atau dengan kata lain kita disarankan agar jangan menggunakan teknologi secara berlebihan. Kemudian apakah di era global ini kita bisa terlepas dari teknologi?, jawabannya tidak. Di era sekarang kita tidak mungkin terlepas dari suatu teknologi, karena dari teknologi itu sendiri kita dapat menyelesaikan pekerjaan kita dengan mudah. Bagaimana dengan suku pedalaman yang tinggal di daerah terpencil, apakah mereka juga sudah menggunakan teknologi?. Mungkin mereka sekarang belum mengenal teknologi tetapi suatu saat mereka juga akan mengenal teknologi dan menggunakannya. Bahkan mungkin juga mereka setelah mengenal teknologi akan dapat memadukan teknologi itu dengan budaya mereka yang masih tradisional. Jadi diharapakan teknologi tersebut dikenal oleh masyarakat pedalaman bukan sebagai perusak budaya mereka tetapi ikut membangun dan melestarikan budaya mereka.
Maka dari itu saudara-saudaraku yang berbahagia suatu teknologi akan bermanfaat bagi kita jika kita tidak menyalah artikan teknologi tersebut, dan menggunakannya untuk hal-hal yang baik bukan untuk hal- hal yang merugikan orang lain. Marilah dengan sikap kebijaksanaan kita, kita pergunakan teknologi untuk mendatangkan manfaat bagi kita maupun orang lain. Jangan sampai kita malah mendatangkan kerugian bagi orang lain.
Semoga pidato singkat dari saya ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua dalam penggunaan teknologi, agar kita dapat menggunakannya untuk sesuatu yang baik bukan sesuatu yang merugikan orang lain. Jika ada salah kata atau dari kata-kata saya tadi ada yang salah, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Saya hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan lupa. Sekian dari saya, wabitaufiq wal hidayah. waridho wal inayah.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar